Kemenlu Dorong Pelaku UMKM Surakarta Pasarkan Produk ke ASEAN

0
72 views

SURAKARTA – Kementerian Luar Negeri mendorong para Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Soloraya untuk memasarkan produknya ke pasar Association of Southeast Asian Nation (ASEAN).

Kepala Subdit Kerja Sama Industri dan Perdagangan, Direktorat Kerja Sama Ekonomi ASEAN (Dit. KSEA), Kementerian Luar Negeri, Nur Rokhmah Hidayah, mengungkapkan, bahwa dorongan itu dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian. Terlebih ada berbagai kemudahan yang diperoleh dari aktivitas ekspor ini.

“Ada berbagai kemudahan, diantaranya pengusaha Indonesia dapat menikmati bea masuk 0% ke negara-negara ASEAN untuk memasarkan produknya,” ungkap Nur Rokhimah dalam acara bertajuk “Penyampaian Saran Kebijakan Pelatihan SKA Form D untuk Memanfaatkan Pasar ASEAN bagi Pengusaha UMKM” di Grand HAP Hotel Solo, Kamis (27/9).

Agenda Penyampaian Saran Kebijakan Pelatihan SKA Form D untuk Memanfaatkan Pasar ASEAN bagi Pengusaha UMKM ini adalah salah satu upaya meningkatkan produktivitas serta daya saing UMKM yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta.

Menurutnya, langkah ini merupakan suatu komitmen bagi Kemenlu untuk mendorong penetrasi UMKM Indonesia ke pasar ASEAN dengan memanfaatkan preferensi tarif yang berlaku dalam MEA.

“Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku UMKM ini. Meskipun tantangan yang mesti dihadapi juga banyak,” katanya.

Pengusaha UMKM menurut Nur Rokhimah akan mendapatkan sejumlah peluang, seperti adanya pasar tambahan sebesar 340 juta jiwa, peningkatan daya saing UMKM, peningkatan kelancaran arus perdagangan barang, peningkatan transparansi dan efisiensi produksi, peningkatan wisatawan mancanegara, dan pemanfaatan mutual recognition arrangement (MRA) untuk delapan jenis profesi. (rri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here