Gempa dan Tsunami Hantam Palu, Masyarakat Dihimbau Tenang dan Ikuti Update Informasi dari BMKG dan BPBD

0
172 views

PALU – Gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter mengguncang Kota Palu, Sulawesi Tengahm, Jumat (28/9/2018). Gempa mengakibatkan timbulnya gelombang tsunami yang menyisir pantai di kawasan Donggala dan sekitarnya.

Hingga saat ini, dikabarkan satu orang meninggal dunia dan 10 orang luka-luka akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengimbau masyarakat untuk tetap tenang, serta mengikuti dan update terus informasi dari BMKG dan BPBD.

“Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tetap mengikuti update informasi yang dikeluarkan oleh pihak BMKG dan BPBD setempat. Mohon jangan terpancing isu yang tidak benar,” ujar Dwikorita dalam keterangan yang disampaikan melalui teleconference dari Yogyakarta, Jumat (28/9/2018) malam.

Dwikorita juga menambahkan, peringatan tsunami juga telah diakhir pasca adanya kondisi air laut atau gelombang tsunami yang naik ke daratan berangsur-angsur surut. Peringatan tsunami diakhiri pada pukul 17.36 WITA.

Sementara menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 5 orang dilaporkan hilang akibat tsunami yang menerjang Kota Palu tersebut.

Kepala Pusat Data Dan Informasi BNPB Sutopo Purbo menyatakan, berdasarkan laporan mereka hilang di Pantai Talise.

“Satu keluarga berisi 5 orang dilaporkan hilang karena tsunami di Pantai Talise. Kami masih terus update informasi dari BPBD,” kata Sutopo, Jumat malam.

Tsunami menghantam Kota Palu usai Gempa Magnitudo 7,4 menerpa Donggala, Sulawesi Tengah. Episenter gempa 26 kilometer Utara Kabupaten Donggala. (*/Dn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here