Presiden Jokowi Mengingatkan Bahwa Dana Desa Tidak Hanya Untuk Pembangunan Infrastruktur

0
163 views

SUMATERA UTARA – Presiden Joko Widodo menegaskan, bahwa Anggaran Dana Desa yang telah digelontorkan oleh Pemerintah selama 4 (empat) tahun terakhir bukan hanya untuk pembangunan infrastruktur semata, tetapi juga untuk membangun sumber daya manusia, serta membangun lingkungan kasih sayang di lingkungan desa.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada Rapat Koordinasi Pengendalian Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, di Balairung Kantor Bupati Deli Serdang, Deli Serdang, Sumatra Utara, Senin (8/10).

Presiden Jokowi pun mengutip data Menko PMK Puan Maharani yang mengemukakan bahwa total dana yang telah digelontorkan sampai saat ini sebesar Rp187 triliun. Pada 2015 anggaran Dana Desa sebesar Rp20 triliun, tahun 2016 menjadi Rp47 triliun, tahun 2017 naik jadi Rp60 triliun, dan tahun 2018 ini sebesar Rp60 triliun. Sementara untuk tahun depan dianggarkan Rp73 triliun.

“Uang sebesar itu, artinya total sampai sekarang saja sudah Rp187 triliun, sampai akhir tahun ini. Hati-hati mengelola dana sebesar ini, Rp187 triliun, belum lagi ditambah tahun depan Rp73 triliun,” tutur Presiden Jokowi.

Presiden pun mengingatkan, agar pengelolaan dana yang besar seperti ini harus tepat sasaran. “Oleh sebab itu, ada yang namanya pendamping desa. “Ini yang penting sekali peranannya,” ujarnya.

Presiden pun menegaskan, bahwa dana desa yang besar itu harus betul-betul memberikan manfaat bagi masyarakat desa.

“Artinya apa? Pembangunan desa tidak boleh setengah-setengah. Tidak boleh nanggung-nanggung, tidak boleh basa-basi. Ini harus betul-betul bermanfaat bagi masyarakat,” tegas Presiden Jokowi. (Dn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here