Raih WTP 5 Kali Berturut-turut, Pemprov Sumbar Dapat Insentif Rp.71 Miliar

0
119 views

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017 dengan capaian standar tertinggi. Penghargaan tersebut diserahkan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumbar, sebagai perwakilan Kemenkeu di daerah, yang diterima langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Rabu (10/10).

Sebagai bentuk apresiasi, Kemenkeu juga memberikan dana insentif sebesar Rp71 miliar kepada Pemprov Sumbar atas raihan nilai tertinggi pada LKPD 2017 dan sekaligus mampu mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan 5 kali berturut-turut sejak 2013.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengungkapkan, bahwa dana insentif tersebut akan dimanfaatkan untuk pembangunan daerah, agar menjadi lebih baik lagi.

“Dana insentif sebesar Rp71 miliar ini, akan kita manfaatkan untuk membangun daerah menjadi lebih baik lagi,” ucap Irwan.

Menurut Irwan, keberhasilan mempertahankan opini WTP sehingga menerima dana insentif ini merupakan buah kerja keras seluruh jajaran Pemprov Sumbar.

“Penghargaan ini kerja keras semuanya. Ini yang harus kita pertahankan agar bisa lebih baik lagi kedepan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sumbar, Ade Rahman mengatakan, bahwa tidak banyak provinsi yang mampu mempertahankan capaian LKPD seperti Pemprov Sumbar.

“Kalau WTP, memang sudah 32 dari 34 provinsi. Tapi kalau yang 5 kali berturut-turut dan semua kabupaten/kotanya juga WTP, tidak banyak. Salah satunya Sumbar. Sehingga kemarin waktu Rakernas, Gubernur diundang langsung oleh Menkeu,” terangnya. (*/rri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here