BKNI RI Gelar Sosialisasi Pembangunan 1000 Klinik UKP Pratama Senior Living Medical Tourism

1
1,785 views

JAKARTA, PelitaSatu.co.id – Badan Ketahanan Nasional Indonesia Republik Indonesia (BKNI RI) menggelar acara sosialisasi pengadaan lahan dan pembangunan 1000 unit Klinik UKP Pratama Rawat Inap (Senior Living Medical Tourism) di hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, Sabtu 31 agustus 2019.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah kepala daerah diantaranya Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi, Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, ST, serta puluhan pejabat perwakilan pemerintah daerah lainnya.

Program Pembangunan 1000 Unit Klinik UKP Pratama Rawat Inap ini adalah program swasta yang merupakan kerjasama antara BKNI RI dengan BEN-APDMI.

Dalam sambutannya, Presidium BKNI RI RM Tri Harsono menggungkapkan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini agar seluruh stakeholder yang ada di daerah dapat turut serta membantu menyukseskan rencana program pembangunan 1000 Klinik UKP Pratama Rawat Inap ini.

“Pembangunan 1000 klinik ini adalah project yang besar, sehingga kami berharap seluruh stakeholder di daerah dapat membantu menyukseskan program ini terutama dalam masalah perijinan dan penyediaan lahan,” ungkap RM Tri Harasono.

Menurutnya, Program pembangunan klinik ini nantinya akan diprioritaskan untuk di daerah tertinggal, sebab masih bnyak daerah tertinggal yang masih minim sarana kesehatan untuk masyarakat.

Hal senada juga diungkapkanĀ  Ketua Umum Badan Eksekutif Nasional Aliansi Praktek Dokter Mandiri Indonesia (BEN-APDMI) dr. HB Junaz. Menurutnya Klinik UKP Pratama Senior Living Tourism yang akan dibangun ini merupakan panti jompo untuk merawat lansia dan klinik layanan kesehatan umum.

“Klinik ini nantinya akan berupa panti jompo yang menyediakan layanan perawatan untuk lansia dan klinik layanan kesehatan umum,” ungkapnya.

dr. Junaz menjelaskan bahwa sasaran utama layanan perawatan untuk lansia klinik UKP Pratama ini nantinya adalah pasien lansia dari luar negeri. Karena menurut dr. Junaz kebutuhan layanan perawatan lansia di luar negeri sangat tinggi sedangkan sarana yang tersedia masih minim.

“Diluar negeri itu banyak lansia yang hidup sendirian di apartemen seperti di singapura, karena tidak ada tempat tinggal rumah tapak disana, sehingga bila sakit para lansia ini rentan meninggal. Bahkan ada yang sudah berminggu-minggu meninggal di apartemen nya tanpa ada yang tahu,” ungkapnya.

Sedangkan untuk layanan kesehatan umum nantinya tidak hanya diperuntukkan bagi lansia tetapi juga untuk masyarakat umum di sekitar wilayah klinik itu sendiri. Dan untuk layanan kesehatan bagi masyarakat nantinya akan di cover oleh BPJS sehingga masyarakat akan dapat merasakan manfaat dari pembangunan klinik ini.

“Itulah mengapa kita prioritaskan pembangunan klinik ini di daerah tertinggal, agar masyarakat juga dapat merasakan manfaatnya dengan adanya layanan kesehatan klinik ukp pratama ini,” jelasnya.

Bupati Sampang H. Slamet Djunaidi yang turut hadir dalam acara ini sangat mengapresiasi program pembangunan 1000 Unit Klinik UKP Pratama ini. Beliau menyatakan siap membantu mensukseskan program ini karena menurutnya masih banyak daerah di Sampang yang minim sarana layanan kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi adanya acara ini dan saya siap membantu mensukseskan program pembangunan Klinik UKP Pratama ini. Kami sudah siapkan lahannya dan masalah perijinannya akan kami bantu. Kami berharap program ini dapat segera terlaksana agar masyarakat di Sampang dapat merasakan layanan kesehatan,” ungkapnya.

Para peserta sangat antusias dengan adanya program ini dan berharap program ini segera terealisasi.

Acara diakhiri dengan penandatanganan MoU kerjasama pengadaan lahan dan pembangunan 1000 unit Klinik UKP Pratama Rawat Inap (Senior Living Medical Tourism) antara Presidium BKNI RI RM Tri Harsono dengan Ketua Umum Badan Eksekutif Nasional Aliansi Praktek Dokter Mandiri Indonesia (BEN-APDMI) dr. HB Junaz (DN).

1 COMMENT

  1. ALHAMDULILLAH WASYUKURILLAH SEMOGA SUKSES PENGADAAN LAHAN, PEMBANGUNAN PRASARANA DAN SARANA CLINIK UKP ORATAMA SERTA PENGADAAN ALKESNYA SESUAI STANDAR PELAYANAN YANG BERSKALA NASIONAL DAN INTERNASIONAL. AAMIIN YARABBAL’ALAAMIIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here