Hadiri Festival Keraton Nusantara XIII 2019, Presidium BKNI RI Berharap Pemerintah Beri Perhatian Khusus Kepada Keraton

0
135 views

PALOPO, Pelitasatu.co.id – Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII 2019 digelar di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Acara tahunan yang dilangsungkan sampai 13 September 2019 ini, berlangsung meriah dan dipusatkan di Istana Kedatuan Luwu. Sejumlah Raja-raja, Sultan dan Permaisuri se-Nusantara turut serta dalam gelaran FKN 2019 ini.

Sebelum dimulainya rangkaian acara FKN XIII tahun 2019 Tana Luwu, digelar Gala Dinner sambut tamu Agung Yang Mulia para Raja, Tamu Kedatuan Luwu, yang diawali Pembukaan dari Tari Jaga Tallolo Ininnawa Malogae, yakni jamuan tari nan agung, dengan dua belas penari adat “Jaga Tololo”, sekaligus Pesta Rakyat di pelataran Istana Langkanae Luwu Palopo, Minggu malam.

Selanjutnya, Para perwakilan kontingen kerajaan yang hadir, turut menampilkan berbagai budayanya mulai dari busana adatm lengkap dengan senjata tradisionalnya, tarian-tarian serta berbagai kesenian adat dalam kirab budaya yang berlangsung pada Senin (9/9/2019).

Presidium BKNI RI, RM Tri Harsono yang mendapat kehormatan turut menghadiri acara FKN XIII ini sangat mengapresiasi acara ini. Menurutnya, melalui kegiatan ini masyarakat nusantara dan dunia diharapkan dapat lebih mengenal budaya-budaya yang ada jangan sampai terlupakan.

“Ini adalah warisan leluhur yang harus terus kita jaga dan lestarikan, jangan sampai generasi selanjutnya tidak mengenal budaya-budaya kerajaan-kerajaan nusantara,” ungkap RM Tri Harsono di Palopo, Senin (9/9).

RM Tri Harsono pun berharap Pemerintah pusat maupun daerah memberikan perhatian khusus kepada keraton-keraton yang masih ada agar tidak punah dan bisa terus berkontribusi menjaga budaya-budaya nusantara. (Dn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here