PT. Arutmin Indonesia Gandeng Sapibagus Gelar Pelatihan Peternak Sapi Senakin

0
46 views

KOTABARU, Pelitasatu.co.id – PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin gandeng Sapibagus menggelar pelatihan pakan ternak inovatif berbasis limbah jagung, jerami padi dan limbah sawit yang di hadiri oleh para peternak sapi dari beberapa Desa yang ada di dua kecamatan, Kecamatan Kelumpang Tengah dan Kelumpang Utara di balai dimplot dahlia Desa Tamiang Bakung Kecamatan Kelumpang Tengah Kotabaru, Rabu (25/9/19).

“Sesuai program CSR terutama di bidang peternakan kami sangat berkeinginan untuk mengembangkan masyarakat khususnya di bidang ternak sapi karena kami lihat dari segi kebutuhan masih terbuka lebar untuk pengembangan sapi saat ini, sementara SDM kita baik peternak sendiri sudah ada yang memiliki 10 sampai 50 ekor yang ada di sekitar tambang, kita juga lihat sangat banyak potensi- potensi di tambah lagi kami ingin memberikan kontribusi yang besar untuk peternakan sapi khususnya di wilayah Tambang Senakin ini karena potensinya sangat besar sekali untuk ternak yang di dukung oleh potensi SDAnya,” ungkap Manager PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin Dedi Herianto.

Lebih lanjut Dedi mengatakan, dengan acara seperti ini kita harapkan selain membina kelompok yang sudah bagus kita juga mengenalkan bagi yang masih belum terbuka wawasannya untuk bisa membudidayakan sapi dengan cara yang baik dan benar sehingga hasilnya efektif dan hasilnya bisa memberikan manfaat karena sapi bukan hanya untuk penggemukan saja.

“Kalau peternak sapi bisa berkolaborasi dengan pihak perusahaan akan lebih terarah lagi, karena selama ini ada beberapa areal yang sapinya di lepas di areal reklamasi Tambang dan bisa menggangu kegiatan perusahaan karena perusahaan harus memberikan progres yang baik dari hasil reklamasi kepada pemerintah sementara terganggu dengan adanya sapi yang berada di sekitar reklamasi, “harapnya.

Jadi adanya gagasan mengundang Sapibagus karena kami anggap merupakan pakarnya masalah persapian yang selama ini hanya melihat dari YouTube dan segala macamnya, jadi kita undang ke Senakin ini agar kita bisa berdiskusi langsung dan mereka bisa memberikan pelatihan secara langsung sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang bisa secara langsung mendapatkan sharing ilmunya.

Sementara itu Edy Wijayanto, SE owner Sapibagus mengatakan, hadirnya kami ke Senakin ini merupakan dari program CSR yang tujuanya adalah supaya masyarakat ini bisa memelihara sapi dengan baik dan bisa memanfaatkan potensi pakan yang ada di sekitar. “Karena selama ini sebagian besar peternak- peternak yang ada di sekitar tambang Senakin itu pemeliharaan sapinya di lepas di areal reklamasi tanpa di berikan pakan yang memanfaatkan limbah-limbah pertanian yang ada,” ujarnya.

Menurut Edy, Sapibagus sering memberikan pelatihan sekaligus pendampingan kepada kelompok ternak, soalnya kalau hanya mengandalkan pelatihan sifatnya cuma hanya mengetahui sebentar saja, sedangkan justru yang utamanya adalah pelaksanaannya karena ada monitoringnya bagaimana cara membikin pakan dengan cara permentasi dan bagaimana memanfaatkan limbah pertanian yang ada.

Edy menambahkan, untuk tahap awal ini sapibagus datang ke PT. Arutmin lndonesia Tambang Senakin ini untuk survey kondisi realnya seperti apa dan setelah itu kami akan memberikan rekomendasi kepada pihak management apa saja yang perlu di tindak lanjuti atas hasil survey kami. “Karena kemarin kita survey ke beberapa lokasi ada sebagian sapi di umbar atau di lepas dan merusak tanaman- tanaman reklamasi karena kalau rusak reklamasi itu biayanya sangat besar dan target dari perusahaan untuk reklamasi akhirnya tidak tercapai, jadi harpanya adalah peternak bisa berkembang dan perusahaan bisa memberikan pertanggung jawaban untuk reklamasinya,” tutupnya.(Hrp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here